Tutorial [CorelDraw] "Pengertian, Fungsi CorelDraw dan Tutorial CorelDraw"

Hai Genksss…

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan dasar-dasar penggunaan aplikasi CorelDraw. Tetapi sebelum masuk lebih lanjut kita Bahas dahulu, “Apasih Corel Draw itu??? Fungsinya apa saja sih??



Jadi…. CorelDraw adalah aplikasi editor grafik berbasis Vektor. CorelDraw sendiri mempunyai beberapa versi yaitu mulai dari CorelDraw Versi 1 sampai yang terbaru adalah CorelDraw Graphics suite 2019 atau X9  dengan versi full-nya di bandrol dengan harga $699 atau sekitar 9,5 jutaan.

Adapun beberapa Fungsi CorelDraw sebagai berikut:

  •  Aplikasi Pembuat Logo
Sebuah Website, Perusahaan, Toko dan sebagainya membutuhkan logo sebagai simbol atau identitas kebanggaan agar identitasnya mudah dikenal di kalangan masyarakat.

  •  Aplikasi Pembuat Brosur, Poster, Pamflet
Membuat  Brosur, Poster dan Pamflet yang bertujuan untuk mengedukasi ataupun dalam bidang persuasif, lebih baik menggunakan desain-desain yang menarik (ga flat gitu) agar pembaca lebih nyaman dan lebih mudah tertarik dalam membacanya.

  • Membuat Stempel
Dalam sebuah perusahaan, toko, organisasi, dan lain sebagainya sangat membutuhkan stempel identitas. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa sangat mudah membuat stempel yang kita inginkan. Pada artikel berikutnya, saya akan sharing sedikit cara membuat stempel dengan sangat mudah.
  • Membuat ilustrasi
Membuat ilustrasi, kita juga bisa lakukan dengan aplikasi CorelDraw ini. misalnya dengan membuat ilustrasi vektor dari foto hewan, dari foto benda-benda disekitar kita, bahkan foto kita sendiri. disamping itu kita juga bisa membuat ilustrasi sesuai dengan kreatifitas kita atau hayalan kita sendiri, misalnya kita membuat ilustrasi keadaan yang sesuai dengan mimpi kita, membuat ilustrasi pasangan idaman kita (CWIWWW...), dan lain sebagainya.
  • Dan lain sebagainya

Kali ini, saya ingin berbagi ilmu tentang cara penggunaan CorelDraw (saya menggunakan CorelDraw X7, karena menurut saya versi ini adalah versi yang sanggup bekerja pada leptop saya yang sedikit kentang). Mulai dari hal-hal yang sangat dasar hingga menengah. Dengan mempelajari hal hal dasar tersebut, kalian pasti sudah bisa membuat sebuah logo, poster, pamphlet dan lain sebagainya dengan aplikasi berbasis vektor ini.

Hal hal yang akan kita bahas:

  1.   Cara menyesuaikan Kertas atau Lembar kerja kita     
  2.   Pengenalan tools yang ada     
  3.   Cara membuat bentuk-bentuk menggunakan macam-macam shape     
  4.   Cara menggabungkan shape menggunakan Fungsi Shaping yaitu: Weld, Trim, Intersect, simplify, Front minus Back, Back minus Front, create Boundary     
  5.   Cara membuat line menggunakan Freehand, 2-point line, Pen, B-Spline, Polyline, 3-point Curve     
  6.   Cara mewarnai shape (Uniform fill, Fountain fill), Transparency tool    
  7.   Cara mengatur text (texting)    
  8.   Cara membuat 1 logo sederhana    
  9.   Cara membuat logo di stempel    
  10.   Cara membuat poster sederhana     

Cukup segini dulu untuk penjelasan tentang CorelDraw, dan apa aja yang akan kita bahas di halaman-halaman selanjutnya

Langsung aja GASSKEUN!!!.....

 

               


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama