Tutor 2 [CorelDraw] "Membahas Tool-Tool yang ada di Corel Draw"

Hai Genksss…

.

.

Pada pembahasan Kedua ini, sekarang kita akan membahas tool-tool yang ada di corel.      

Langsung aja kita GASSKEUN!!!


1.       Pada baris no 1. Adalah tool Pick 

Secara garis besar pada tool Pick ini digunakan untuk memilih objek, menggeser objek, shape dan lain sebagainya.

 Ketika pada shape yang sudah kita klik muncul 8 titik seperti gambar berikut maka shape/objek yang kita klik sudah bisa kita geser. Pada 8 titik di sekeliling objek juga kita bisa mainkan untuk mengubah ukuran menjadi Panjang, pendek, kecil, besar dan lain sebagainya.

 

2.       Pada nomor 2 adalah tool Shape (f10)

Pada tool ini digunakan untuk mengedit shape/objek yang telah kita buat.

a.       Misalkan kita membuat lengkungan dari garis lurus, dengan cara:

1.       Buat garis lurus

2.       Kemudian klik tool shape

3.       klik kanan pada garis tersebut kemudian pilih To Curve maka garis yang telah kita buat, setelah itu garis bisa di lengkungkan

b.       membuat lengkungan pada sudut dari shape kotak yang sudah kita buat, dengan cara:

                                                               i.      Buat persegi

                                                             ii.      Klik shape tool, maka muncul 4 titik di pojok2 persegi

                                                           iii.      Kemudian Tarik salah satu titiknya

3.       No.3 adalah tool Crop 

Pada tools ini digunakan untuk memotong berserta lembar kerja kita, dan bagian sisanya yang tidak terseleksi crop maka akan hilang. Misal saya punya 2 buah objek, saya memilih tool crop dan menyeleksi sebgaian dari oval. Setelah saya pilih kemudian klik Enter, maka objek lingkaran di sebelah kanan juga akan hilang dan yang tersisa hanyalah objek yang terseleksi saja.

 

4.       No 4 adalah tool Zoom (Z) 

Pada tool ini digunakan untuk melakukan zoom-in atau zoom-out pada lembar kerja dengan cara klik kiri akan melakukan zoom-in dan klik kanan akan melakukan zoom-out.

 

5.       No 5 adalah tool 2-Point Line 

Pada tool ini digunakan untuk membuat garis seperti pada aplikasi Paint (software bawaan windows). Di dalam tool ini terdapat macam macam tools (untuk membuka tools lainnya klik kanan dan tahan selama 1 detik pada tool yang memiliki segitiga hitam di pojok bawah kanan). Seperti ini lah tools yang ada didalam 2-Point Line

Tools yang ada di gambar ini juga digunakan untuk membuat garis. Tetapi cara penggunaannya berbeda beda, terserah kita lebih enak menggunakan tools yang mana. Kalau saya sih lebih sering menggunakan tool Pen  untuk membuat garis, soalnya bisa langsung di lengkungkan garisnya jika menggunakan tool ini, tapi sebenarnya ada tool lain juga sih yang bisa membuat garis langsung jadi lengkung tanpa harus menggunakan bantuan tool Shape

 

6.       No 6 adalah tool Artistic media Tool

Tool ini merupakan tool brush gitu, saya sih jarang sekali bahkan tidak pernah menggunakan tool ini dalam membuat logo, poster dan lain sebagainya.

 

7.       No. 7 adalah Rectangle Tool

Tool ini digunakan untuk membuat objek dengan bentuk bujur sangkar (Kotak). Tool ini merupakan tool yang sangat berguna sih untuk buat poster, stempel, logo, dan lain sebagainya. Cara penggunaanya juga mudah, hanya dengan cara drag and drop saja.

 

8.       No. 8 adalah tool Ellipse

Tool ini digunakan untuk membuat objek dengan bentuk lingkaran. Tool ini juga sangat berguna dalam pembuatan Logo, poster, stempel dan lain sebagainnya. Cara penggunaan tool ini juga mudah, hanya dengan drag and drop saja. Jika kalian ingin membuat lingkaran yang presisi, kalian bisa sambil menekan tombol CTRL.

 

9.       No. 9 adalah Text tool

Tool ini digunakan untuk membuat text seperti pada umumnya. Kalian juga dapat membuat text box dengan tool ini, dengan cara drag and drop sehingga berbentuk persegi atau persegi Panjang dengan garis putus putus.

10.   No. 10 adalah tool polygon 

Pada nomor 10 ini, banyak shape-shape yang terdapat di dalamnya. Pada tool polygon ini bisa juga di atur untuk banyak sudutnya pada bagian atas seperti gambar berikut.

 

NAH…. Begitu lah kira-kira untuk pembahasan beberapa tool yang ada pada CorelDraw.. untuk pembahasan lebih lanjut tetep pantengin artikel-artikel keren di BasoTahu..

Untuk pembahasan selanjutnya, kita akan bahas tentang Cara membuat bentuk-bentuk menggunakan macam-macam shape


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama